makanan sehat untuk ibu hamil

Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius

Seorang Ibu yang sedang mengandung, tentu ingin anaknya lahir dengan sehat, sempurna, dan menjadi anak yang cerdas nantinya.

Asupan makanan yang dimakan si ibu rupanya mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam kandungan. Yuk simak artikel berikut ini 10 makanan sehat untuk ibu hamil agar bayi terlahir jenius.

Nutrisi untuk Perkembangan Otak Janin

Siapa sih ibu yang tidak ingin bayinya sehat, sempurna, bahkan jenius? Tentu semua ibu menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Tumbuh kembang bayi yang masih di dalam kandungan dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

Nah, bagi para calon ibu sekalian, sudahkah Anda mengkonsumsi makanan yang mendukung tumbuh kembang fisik dan kecerdasan anak Anda?

Beberapa kandungan makanan ini akan membantu perkembangan otak janin kandungan:

#1 Omega 3

Omega-3 memiliki efek yang positif bagi perkembangan otak dan kecerdasan. Makanan yang mengandung Omega-3 merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, terutama untuk ibu hamil 4 bulan. Karena pada saat itu otak janin sedang mengalami perkembangan.

Omega-3 akan membantu berkembangnya saraf dan neuron pada bayi dengan maksimal, sehingga si kecil akan terlahir dengan sehat dan cerdas.

#2 Asam Folat

Selain omega-3, asam folat juga berperan penting bagi perkembangan dan kesehatan janin. Asam folat juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan bayi.

Asam folat jika tidak tercukupi akan menyebabkan bayi memiliki risiko cacat dan lahir prematur.

Pemenuhan asam folat menjadi hal yang penting saat hamil, dan menjadi salah satu makanan yang memberikan manfaat bayi cerdas sejak dalam kandungan.

#3 Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan den perkembangan sel, termasuk perkembangan sel otak.

Protein dapat membuat bayi lebih sehat dan juga cerdas dalam kandungan.

#4 Zat Besi

Zat besi dapat memberikan manfaat bagi kecerdasan janin sejak dari kandungan. Zat besi dapat mencegah anemia pada ibu hamil, sehingga sel-sel darah merah tersedia dan dapat menyuplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

#5 Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Selain itu antioksidan juga diperlukan untuk kesehatan si ibu.

Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius

Pada bagian di atas sudah dibahas kandungan makanan (nutrisi) yang dapat membantu perkembangan otak janin dalam kandungan.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang di dalamnya terkandung nutrisi tersebut.

Berikut adalah 10 makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan membantu perkembangan otak janin.

#1 Ikan

Ikan seperti ikan salmon, tuna mackerel dan lainnya kaya akan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ibu-ibu yang makan kurang dari dua porsi ikan per minggu melahirkan bayi dengan IQ rendah dibandingkan bayi yang lahir dari ibu yang makan dua porsi ikan per minggu.

#2 Telur

Telur kaya akan asam amino kolin, omega-3, asam folat, protein, zat besi, antioksidan dan kandungan lainnya.

Telur merupakan makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan.

Kandungan kolin pada telur dapat membantu perkembangan otak dan meningkatkan memori pada bayi.

Untuk memenuhi kebutuhan harian kolin yang direkomendasikan untuk ibu hamil, Ibu hamil setidaknya harus makan dua telur.

Protein dan zat besi yang terkandung dalam telur dapat meningkatkan berat badan lahir bayi. Bobot lahir rendah juga berhubungan dengan menurunnya IQ.

#3 Yoghurt

Selain menyediakan protein yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel dalam rahim, yoghurt juga mengandung kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan.

#4 Bayam, Ayam Tanpa Lemak, dan Kacang-kacangan

Makanan-makanan di atas kaya akan zat besi yang dapat membuat bayi lebih pintar. Zat besi membantu mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama kehamilan.

Selain itu, zat besi juga dapat diperoleh dari resep suplemen yang diberikan oleh dokter Anda.

#5 Blueberry

Buah-buahan seperti blueberry, artichoke, tomat, dan kacang merah kaya akan antioksidan dan harus dikonsumsi selama kehamilan.

Kandungan dalam buah ini melindungi jaringan otak bayi dan membantu dalam perkembangannya.

#6 Produk Susu

Produk susu mengandung aneka vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk bayi dan ibunya.

Beberapa vitamin yang terkandung dalam susu antara lain Vitamin B, magnesium, dan zat besi, sehingga tulang bayi dan ibu tetap terjaga dan kuat.

Adapula kandungan probiotik dalam susu yang melindungi kandungan dari infeksi bakteri, serta zat allergen.

#7 Minyak Ikan

Minyak ikan umumnya berasal dari ikan kod. Minyak ikan ini sekarang tersedia banyak dalam bentuk kapsul. Minyak ikan penting untuk perkembangan penglihatan sekaligus otak.

#8 Ubi

Ubi menyimpan banyak kandungan vitamin A yang berguna untuk membangun sel-sel pada janin.

#9 Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak nabati yang merupakan lemak tak jenuh dan sangat berguna. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin K, Vitamin E dan Vitamin B.

Di mana Vitamin B, merupakan vitamin yang sangat berguna bagi perkembangan otak.

#10 Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak memiliki kandungan gizi lengkap dan protein tinggi. Mengandung zat besi juga yang berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin.

Makanan Sebagai Asupan Nutrisi Harus Diperhatikan
Makanan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa jenis makanan di atas adalah contoh makanan yang kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar anak bayi yang ada dalam kandungannya terlahir cerdas.

Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari pada saat hamil. Apa saja itu? Berikut adalah contoh beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil:

  • Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi
  • Alkohol
  • Daging dan telur yang tidak matang dimasak
  • Boga bahari mentah
  • Minuman berkafein
  • Sayur dan buah yang tidak dicuci
  • Telur mentah

Makanan yang belum matang serta produk susu yang tidak dipasteurisasi memungkinkan berkembangnya bakteri, virus, atau parasit lainnya pada makanan tersebut. Parasit-parasit tersebut dapat menyebabkan infeksi untuk si ibu dan si bayi.

Nah, para calon ibu sekalian, tentunya setiap ibu ingin anaknya terlahir sehat bukan?

Jaga perkembangan dan pertumbuhan si kecil dimulai dari menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi ya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda memiliki saran dan pendapat lain, silakan menuliskan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Sumber Referensi:

Elsabena dan Tiwi. 70 Makanan Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan Berdasarkan Nutrisinya. Hamil.co.id – https://goo.gl/ku6Qw1
HWS. 01 Juli 2015. 8 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Pintar. Vemale.com – https://goo.gl/deXPBe
Megan Faustine. 10 September 2017. Enak, Ini 10 Makanan Ibu Hamil Supaya Bayi Terlahir Cerdas. Idntimes.com – https://goo.gl/GqFNoG
Deborah Gicurel. What not to eat and drink during pregnancy: your definitive guide. Motherandbaby.co.uk – https://goo.gl/TR4pDW

Sumber Gambar:

Makanan untuk bayi cerdas – https://goo.gl/7LVb92
Makanan untuk bayi cerdas 2 – https://goo.gl/YsMGKC
Telur – https://goo.gl/X1JXpS
Minyak ikan – https://goo.gl/HsXfkZ

One thought on “Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

The Urban Muslimah

Produk berkualitas, harga bersahabat

The Urban Muslimah

Gaya hidup muslimah berawal dari sini

X